7 Jenis Rumput Taman Yang Paling Populer 2019

7 Jenis Rumput Taman Yang Paling Populer 2019

Saat Ini banyak orang  yang sering mengira bahwa merawat rumput hias adalah pekerjaan yang cukup rumit, padahal sebenarnya merawat  rumput hias bukan pekerjaan yang rumit tergantung dari jenis rumput taman itu sendiri, Anda cukup melakukan pemangkasan dan pemupukan secara berkala tanpa harus mengubah lanskap atau tatanan yang sudah ada. Setelah disemai oleh tukang kebun, benih rumput hias biasanya memerlukan waktu antaranya 5 hingga dengan 10 hari.

Rumput merupakan tanaman hias yang memang sangat menarik dan bisa membuat tampilan rumah menjadi tampak lebih indah. Dengan adanya rumput hias di halaman rumah, Anda dapat memanjakan mata Anda dengan melihat pemandangan yang indag setelah seharian penat menjalankan aktivitas. Jika Anda menginginkan menanam rumput di rumah, Anda perlu mengetahui dulu jenis rumput taman yang tepat untuk digunakan.

Penggunaan rumput hias secara teknis hanya untuk menutup area kosong pada taman. Rasanya akan lebih terlihat indah jika space kosong taman dirumah kita ditutup oleh rumput bila dibandingkan dengan paving block ataupun semen. Perawatan tiap jenis rumput memang ada yang  berbeda. Sehingga kita perlu tahu jenis rumput mana yang sangat cocok untuk taman dirumah kita. Simak berapa jenis rumput taman  yang bisa dijadikan referensi untuk taman Anda :

Rumput Gajah Mini

 

Rumput gajah mini

Pada saat ini rumput gajah mini paling populer di pasaran dan menjadi jenis rumput yang paling banyak dipilih untuk taman. Meningkatnya popularitas rumput gajah mini ini disebabkan oleh perawatannya yang mudah untuk jenis rumput taman.

Selain itu, rumput gajah mini juga memiliki ukuran yang relatif jauh lebih kecil serta permukaannya yang begitu halus. Harganya terjangkau dan perawatannya juga relatif mudah.

Jenis Rumput ini cukup mudah tumbuh dengan penyinaran matahari 50%, hanya memerlukan sedikit saja pupuk dan dipangkas secara rutin sebulan sekali. Rumput ini juga tahan terhadap pijakan kaki manusia, sehingga bisa dibilang sangat cocok di aplikasikan terhadap taman bermain anak-anak.

Rumput Swiss

Rumput Swiss

Rumput swiss merupakan rumput paling halus dari berbagai jenis rumput yang sering di gunakan. Rumput ini memerlukan sinar matahari yang sangat penuh, minimal 80%. Rumput swiss tidak boleh lembab, sebab jika lembab hasilnya akan menjadi tidak akan maksimal.

Pemberian pupuk sangat diperlukan secara rutin agar kualitas rumput menjadi tetap terjaga. Pastikan jenis rumput taman swiss tidak ditanam di tempat yang memiliki suhu yang terlalu lembab supaya rumput tidak membusuk. Jenis rumput ini juga terbilang mahal dibandingkan dengan beberapa jenis rumput lainnya.

Rumput Manila

Rumput Manila

Zoysia matrella atau yang biasa dikenal dengan sebutan rumput manila umumnya dikenal sebagai rumput Manila, adalah spesies dari rumput asli untuk daerah pesisir tenggara Asia dan utara. Rumput dengan jenis ZM ini biasanya sering dipakai sebagai rumput lapangan sepakbola.

Jenis rumput ini tergolong memiliki kualitas yang cukup tinggi dengan warna hijau yang pekat dan elastisitas yang baik dan memiliki kekuatan yang tahan ijakan kaki , jenis rumput taman Manila mampu untuk tumbuh di tanah berpasir dan sangat ideal untuk mengendalikan adanya erosi.

Rumput Golf

Rumput Golf

Rumput Golf bisa dibilang mirip dengan rumput swiss hanya saja yang membedakan adalah warnanya yang kehijauan tua rumput ini sangat mudah tumbuh dan tidak membutuhkan asupan air yang sangat ekstra akan tetapi perlu diperharikan jangan sampai lupa menyiramnya jika baru pertama kali menanam.

Dikatakan sebagai rumput golf dikarenakan memang jenis rumput taman ini sering dijumpai digunakan pada lapangan golf. Rumput golf memiliki ukuran yang cukup pendek sehingga tampilan halaman secara keseluruhan akan menjadi lebih cantik, indah dan terlihat lebih luas bila di banding menggunakan jenis rumput panjang. Namun untuk penerapannya sendiri di rumah tinggal, cukup jarang orang yang menggunakan jenis rumput ini dikarenakan rumput ini tergolong mahal dan rumput ini tidak terlalu tahan diinjak.

Rumput Jepang

Rumput Jepang

Rumput jepang ini bentuknya mirip dengan jenis rumput taman  untuk lapangan golf dan cara menanamnya hingga pertumbuhannya juga cukup mudah sehingga banyak digunakan sebagai hiasan-hiasan taman rumah, seperti contohnya di depan rumah. Rumput jenis ini memiliki bentuk yang lebih rapi , daunnya memiliki helai yang kurus dan bertumbuhnya rapat .

Rumput Jepang merupakan jenis rumput yang juga sering pilihan untuk digunakan di halaman rumah. Bentuknya yang memang meruncing dan tipis menjadikan jenis rumput Jepang tampil lebih rata, rapat, dan halus. Sering dinamai juga rumput jarum, karena mungkin anda akan merasa kurang nyaman bila saat duduk diatas jenis rumput Jepang yang satu ini karena akan terasa sedikit sakit seperti tertusuk oleh rumput.

Meski demikian, rumput dengan jenis ini memerlukan perawatan yang lebih banyak dibanding Gajah mini. Seperti halnya pemupukan urea dua kali dalam sebulan, penyiraman secara rutin, pemangkasan ringan sebulan sekali, sampai halnya dengan pencahayaan yang cukup. Jangan pernah biarkan rumput Anda tumbuh terlalu lebat karena justru akan dapat mengganggu kesehatan rumput itu sendiri .

Rumput Gajah Mini Varigata

Rumput Gajah Mini varigata

Rumput gajah mini memiliki jenis yang lainnya yang juga dapat Anda gunakan dan tidak kalah bagus, yakni gajah mini varigata. Namun yang menjadi ciri dari jenis rumput taman ini adalah daun rumput ini memiliki ciri khas warna garis putih yang cukup dominan serta tidak beraturan. Maka dari itu tampilannya terbilang cukup unik dan sangat berbeda.

Rumput gajah mini varigata ini dibilang unik dari segi penampilan, karakteristik dan teksturnya sendiri, rumput gajah mini varigata ini cukup mirip dengan ciri yang ada pada rumput gajah mini. Hanya saja yang menjadi pembeda di warna. Rumput gajah mini hanya memiliki satu warna saja yaitu hijau.

Dari sisi harganya sendiri, rumput dengan jenis Varigata sedikit lebih mahal daripada rumput gajah mini. Kelebihannya dibilang hampir mirip dengan Gajah mini karena daunnya yang tidak cepat panjang sehingga perawatannya menjadi cukup mudah dan tidak perlu dipotong setiap bulannya.

Rumput Sintetis

Jenis Rumput sintetis adalah rumput yang memang sengaja terbuat dari serat sintetis dan tampak menyerupai rumput alami pada umumnya. Sering dijumpai rumput dengan jenis ini sering digunakan sebagai alas arena olahraga seperti lapangan futsal, bola, dll.

Tak hanya itu saja sekarang ini rumput sintetis banyak dijadikan sebagai bahan design interior ruangan rumah dan kantor, oleh karena itu banyak yang jual rumput jenis ini dengan harga yang lumayan mahal.

Jadi untuk melakukkan pemilihan rumput yang cocok ,pastikan Anda sudah mengetahui akan di letakkan di manakah rumput ini. Bila digunakan untuk taman anda , anda bisa memilih jenis rumput yang tidak gampang rusak saat di injak dan dengan perawatan yang cukup mudah . Jadi apa Anda sudah menentukan jenis rumput taman mana yang akan di pilih?