Cara Menanam Rumput Taman Yang Benar

Cara Menanam Rumput Taman Yang Benar

Bila pada artikel sebelumnya membahas tentang jenis jenis rumput taman yang cocok untuk menghiasi taman anda, kali ini akan kami bahas juga bagaimana cara menanam rumput hias dengan baik dan benar.

Bila Anda sangat menyukai dengan tampilan eksterior rumah, pastinya tidak ingin membiarkan tamanmu tampil ala kadarnya kan? Dengan menanam rumput taman pasti akan membuat tamanmu terlihat lebih cantik dan menawan untuk yang melihatnya. Tapi, pasti ada banyak diantara anda yang kesulitan gimana sih caranya menanam rumput taman? atau mungkin anda sudah pernah mencobanya tapi malah gagal.

Selain bisa membuat taman tampil menjadi lebih menarik, ternyata menanam rumput taman juga membantu proses drainase air di halaman rumahmu. Karena setiap rumput taman memiliki ketahanan yang cukup berbeda-beda terhadap sinar matahari dan curah hujan. Simak terus cara menanam rumput dibawah ini :

Rumput Gajah Mini

cara menanam rumput gajah mini

Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang cukup banyak ditanam pada halaman rumah ataupun taman. Rumput jenis ini memiliki karakter yang unik, sesuai dengan namanya pertumbuhan rumput ini menyamping dan tidak tumbuh tinggi. Berikut cara menanam rumput gajah mini :

  1. Sebelum menanam rumput ini perlu mencangkul halaman atau tanah yang ingin ditanami. Dengan tujuan supaya tanah menjadi lebih gembur dan rumput gajah mini bisa tumbuh dengan baik dan subur.
  2. Setelah selesai dalam proses penggemburan tanah, taburkan pupuk kandang atau jenis pupuk kompos. Pupuk ditabur dengan merata pada tanah.
  3. Biarkan selama kurang lebih hingga satu minggu sebelum melakukkan penanaman dilakukan. Pupuk kandang yang akan digunakan sebaiknya pupuk kandang yang sudah lama (sudah jadi) atau yang sudah difermentasi.
  4. Siapkan bibit rumput gajah mini. Bibit bisa dibeli ditempat jual tanaman hias yang lengkap.
  5. Kemudian potong bibit rumput gajah mini menjadi beberapa bagian yang kecil. Jangan terlalu kecil agar rumput tidak mudah mati.
  6. Selanjutnya siram tanah dengan air yang secukupnya, kemudian buat lubang tanam dengan ukuran yang disesuaikan dengan bibit rumput gajah mini. Pada umumnya jarak antar lubang tanam kurang lebih antara kisaran 30 x 30 cm atau 40 x 40 cm.
  7. Bibit yang telah dipersiapkan kemudian ditanam pada lubang tersebut. Tekanlah bibit rumput yang sudah ditanam agar menempel dengan kuat pada tanah.
  8. Setelah selesai pada proses penanaman, siram dengan air secukupnya.
  9. Kemudian gilas rumput gajah mini yang sudah ditanam dengan batang pisang yang terlah di potong sebutuhnya. Hal ini dilakukkan bertujuan supaya rumput gajah mini menempel dengan kuat dengan tanah dan agar tidak mudah rusak atau terlepas.

Rumput Jepang

cara menanam rumput jepang

Memiliki sebutan jepang bukan berarti rumput ini berasal dari negara jepang sana. Awal mula pemberian nama ini berasal dari kebiasaan orang Indonesia dalam membedakan beberapa jenis tanaman berdasarkan ukurannya agar mudah untuk diingat. Untuk menanam rumput ini cukuplah mudah simak terus cara menanam rumput jepang berikut :

  1. Pertama tama pilihlah bibit rumput jepang dengan kriteria tertentu semisal
  • Bibit rumput memiliki warna yang hijau segar
  • Rumput memiliki tekstur yang kaku dan tidak layu
  • Bibit yang dipilih harus sehat dari hama
  1. Kemudian cangkul lahan, lahan yang dicangkul tadi kemudian diratakan, dengan tujuan menggemburkan tanah serta akan dapat mempermudah proses penanaman itu sendiri. Lakukkan proses ini 10 hari sebelum proses penanaman rumput.
  2. Proses selanjutnya adalah melakukkan penyiraman. Lakukkan proses penyiraman bila di rasa konstur tanah terlalu kering.
  3. Tanah yang telah di siram kemudianberikan tambahan pupuk kandang secara merata pada permukaan tanah yang  akan di tanami rumput. Idealnya pemupukan ini dipakai sebanyak kurang lebih 2,5 kg/m, kemudian diamkan sekitar 2 minggu untuk menghilangkan panas yang timbulkan oleh pupuk itu sendiri.
  4. Selanjutnya proses penanaman rumput, pada saat proses penanaman rumput waktu yang cukup ideal adalah sore hari, hal ini ditujukan agar rumput jepang dapat beradaptasi dengan lingkungan yang ada
  5. Pisahkan rumput menjadi beberapa bagian kemudian tanam pada tanah dengan jarak sekitar 5 cm zig zag dan tutup dengan tanah. Jangan terlalu menekan tanah terlalu keras yang nantinya akan membuat rumput sulit bernafas.
  6. Selanjutkan lakukkan proses penyiraman pada rumput , idealnya proses penyiraman dilakukkan 2 kali dalam sehari agar rumput tumbuh dengan baik.
  7. Proses yang tak kalah penting selanjutnya adalah pemupukan, Langkah ini biasanya dilakukan sebanyak dua kali ketika pada usia rumput telah mencapai dua minggu setelah hari rumput itu ditanam. Anda dapat menggunakan pupuk urea berdosis ½ kg pada lahan seluas 10 m2.

Rumput Manila

Rumput Manila

Cara Menanam Rumput Manila juga sangatlah mudah untuk di praktekkan. Untuk proses menanamnya tapi juga harus memperhatikan faktor cuaca, pupuk dan juga drainase.

Berikut Cara Menanam Rumput Manila

  1. Pertama gemburkan tanah dan ratakan dengan menggunakan cangkul.
  2. Selanjutnya taburkan pupuk kandang diatas tanah yang sudah dicangkul dan digemburkan.
  3. Kemudian siram dengan air dengan merata. Hal ini sangat penting supaya rumput yang anda tanam bisa langsung beradaptasi dan menyatu dengan konstur tanah anda.
  4. Buatlah lubang-lubang kecil untuk meletakkan rumput yang sebelumnya sudah anda bagi menjadi beberapa. Besa potongan tergantung pada selera, Jarak tanam sendiri pun juga tergantung selera, Tapi jika semakin rapat maka rumput akan semakin cepat segera tertutup dengan rapat, idealnya jarak antar potongan rumput adalah kurang lebih selebar 3 jari kita.
  5. Ambil bibit rumput dari beberapa gerombolan, tapi jangan lupa, bibit rumput manila harus ada akarnya supaya dapat tumbuh, anda juga bisa langsung melakukkan penanaman dalam bentuk lembaran ketika anda beli tanpa harus membaginya lagi menjadi beberapa bagian,tapi jika anda ingin lebih hemat bibit rumputnya, anda boleh membaginya menjadi 2 atau hingga 3 bagian.
  6. Letakkan bibit rumput ke tanah yang sudah disiapkan, berikan sedikit tekanan pada rumput agar dapat bersatu dengan tanah.
  7. Tanam rumput manila disore hari karena akan mengurangi penguapan panas matahari.
  8. Setelah semua rumput tertanam sebarkan pasir atau tanah yang lembut untuk membuat permukaan rumput menjadi lebih rata.
  9. Bila cuaca panas siram 2 kali sehari, jika tidak minimal paling tidak sekali sehari yaitu pada sore hari.
  10. Rumput harus secara langsung terkena paparan sinar matahari karena memang sangat penting untuk proses fotosintesis, rumput yang terlindung dari sinar matahari akan menjadi semakin terhambat untuk pertumbuhannya.

Rumput Swiss

cara menanam rumput swiss

Pada dasarnya setiap rumput taman memiliki ketahanan yang sangat berbeda-beda terhadap sinar matahari dan curah hujan.  Contohnya rumput Swiss yang tidak tahan dengan curah hujan yang sangat tinggi dan pijakkan orang. Untuk mengetahui cara menanam rumput swiss perhatikan berikut :

  1. Pertama- tama gemburkan tanah untuk media tanam rumput. Dalam tahapan ini sangat menentukan kualitas tanah yang digunakan.
  2. Cara terbaik menggemburkan tanah adalah dengan mencangkul 5-10 cm bagian atas tanah, lalu tanah dicampurkan dengan pupuk kandang atau kompos.
  3. Sebelum memulai penyebaran bibit rumput swiss taman, basahkan tanah dengan sedikit air, lalu bagi ke dalam beberapa petak.
  4. Penyemai bibit Anda bisa menanamnya dalam bentuk pola selang-seling atau zig-zag. Setelah bibit rumput taman disebarkan, tambahkan gambut di atasnya dengan tujuan untuk menjaga kelembapan tanah pada tahap perkecambahan.
  5. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dalam 8-10 hari pertama kamu bisa menyiramnya 2 hingga 3 kali dalam sehari, selama 5 sampai 10 menit.
  6. Mulai lakukkan perawatan saat rumput taman sudah mulai tumbuh. Karena setiap rumput memiliki kriteria perawatannya Anda harus memperlakukannya dengan spesial.

Rumput Golf

cara menanam rumput golf

Rumput golf merupakan jenis rumput yang paling susah dalam perawatan. Jika ingin menanam rumput golf di taman atau halaman rumah, Anda harus melakukkan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli landscape yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Karena memang sesungguhnya rumput golf tidak dapat tumbuh sembarang diberbagai kondisi tanah. Yuk simak cara menanam rumput golf berikut :

  1. Siapkan lahan tanam dengan menggemburkan tanah menggunakan cangkul, cangkul tanah yang terdapat pada taman anda dengan tidak terlalu dalam 5-10 cm.
  2. Taburkan pupuk kompos atau kandang pada tanah dengan merata
  3. Siapkan bibit rumput golf dan taburkan secara merata, atau bisa juga menggunakan alat penyebar biji rumput.
  4. Kemudian siram dengan air 3 hingga 4 kali sehari untuk menjaga benih dan permukaan tanah lembab.
  5. Pemberian pupuk setiap 6 hingga 8 minggu selama musim pertumbuhan, hentikan pemupukan ketika rumput secara alami memperlambat pertumbuhannya.
  6. Khusus pada rumput ini, cara menanam rumput membutuhkan sinar matahari sebanyak 100 persen jadi perlu diperhatikan lahan untuk menanam, agar tidak sia sia.

Jadi itulah beberapa cara menanam rumput taman. Memang pada dasarnya setiap rumput memiliki kriteria dan cara perawatan secara khusus tergantung pada jenis rumput itu sendiri. Jadi apa anda sudah memiliki ancang ancang lahan untuk menanam jenis rumput di atas?